Jenis-Jenis Jerawat Pada Wajah

Jenis-Jenis Jerawat Pada Wajah. Jerawat pada umumnya sesuatu yang sudah tidak asing lagi. Karena baik laki-laki maupun perempuan pastinya juga sudah pernah mengalami masalah pada wajah yakni jerawat. berbagai macam jenis jerawat yang membuat kita menjadi tidak percaya diri. Pastinya, berbagai cara sudah kita lakukan agar bisa menghilangkan jerawat tersebut dengan bahan herbal sampai ke penanganan medis.

https://www.nyampling.com/2019/10/jenis-jerawat.html

Meskipun jerawat sudah sembuh, pasti nantinya akan ada bekas jerawat yang akan membuat kita lebih tidak percaya diri. Mungkin beberapa dari kita masih belum mengerti apa saja jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya dengan baik dan benar.

 Jenis-Jenis Jerawat Pada Wajah


Disini akan dijelaskan jenis-jenis jerawat yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

1.    Jerawat Kistik (jerawat batu)

Jerawat ini berukuran besar, dan didalamnya terdapat nanah berwarna  merah dan bisa menimbulkan rasa sakit serta sangat mengganggu rutinitas kita. Penyebab utama jerawat batu adalah penyumbatan pori oleh sel kulit mati yang di barengi dengan infeksi bakteri. Akibatnya, muncul benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, yang terasa sakit ketika tersentuh. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas.

2.    Nodul

Jerawat jenis ini dapat berlangsung selama 1 minggu hingga 1 bulan.Jerawat ini berada di bawah kulit dan memberi kesan seperti bernanah dengan memberikan wana terang/putih di permukaan. Nodul adalah jenis jerawat inflamasi yang terbentuk di bawah kulit dan bisa menimbulkan rasa sakit. Nodul terlihat seperti papula, tapi lebih dalam dan besar serta tidak memiliki puncak berwarna putih. Jerawat ini awalnya berkembang dari pori-pori yang tersumbat dan kemudian terinfeksi bakteri.

3.    Postula

Jerawat jenis ini berbentuk benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori

4.    Papula

Papula biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Benjolan ini muncul ketika pori-pori tersumbat dan bakteri mulai tumbuh sehingga menyebabkan peradangan yang berisi cairan dan minyak

5.    Blackhead (komedo terbuka)

Komedo hitam ini memiliki versi naik ke permukaan,minyaknya terpapar oleh udara dan teroksidasi sehingga menimbulkan bitnik hitam.

6.    Whitehead (komedo tertutup)

Komedo putih ini berada dibawah permukaan dibawah kulit dan tertutup. Komedo ini  bisa muncul ketika minyak dan sel-sel kulit bercampur dan tersumbatnya pori-pori.

Beberapa Cara untuk mengatasinya yakni:

  • Luangkan waktu untuk bersantai, jangan terlalu stress atas beban pikiran yang datang
  • Tidur yang teratur dan cukup
  • Cuci wajah 2 kali sehari. Dengan membilas dengan air hangat agar dapat benar-benar bersih.
  • Jika berjerawat, jangan sesekali menyentuhnya apalagi setelah aktifitas seharian, karena tangan kita pastinya kotor entah itu setelah memegang hp, atau barang-barang yang lainnya.
  • Jangan asal-asalan dalam menggunakan produk yang berhubungan dengan wajah, karena kemungkinan besar jerawat kamu timbul dikarenakan tidak cocok menggunakan produk tersebut
  • Perbanyak minum air putih, minumlah air putih sesuai takaran yang telah ditetapkan yakni 8 gelas air putih dalam 1 hari
  • Gunakan pelembab wajah untuk membantu melawan ruam menopause.

Jenis-jenis jerawat diatas adalah suatu jenis jerawat yang sangat umum dialami oleh kalangan muda. Pada umumnya jerawat batu adalah jerawat paling menyakitkan karena selain besar juga mengalami kemerahan. Jadi disarankan agar kita lebih rajin dalam merawat tubuh kita khususnya daerah wajah karena wajah sangat rentan sekali terkena kotoran-kotoran dari aktifitas seharian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Jerawat Pada Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hubungi Kami