7 Cara kirim File dari HP ke Laptop tanpa Kabel

7 Cara kirim File dari HP ke Laptop tanpa Kabel. Pernahkah terpikir bagaimana cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa menggunakan kabel?. Umumnya proses pemindahan file, dokumen, gambar ke laptop menggunakan kabel usb, namun dengan perkembangan teknologi sekarang maka cara tersebut merupakan salah satu cara untuk memindahkan file yang cukup  sederhana dan mudah.


Tidak ada yang tidak mungkin di era yang modern ini, memindahkan data tanpa USB bias jadi belum banyak diketahui oleh beberapa orang. Karena beberapa orang berpendapat bahwa memindahkan file, dokumen, gambar tanpa kabel akan mengurangi kualitasnya atau lebih tepatnya ukuran file lebih kecil dan tidak sesuai dengan ukuran aslinya.

Kebanyakan orang sering menggunakan kabel data saat memindahkan file, namun penggunaan kabel data tersebut juga mempunyai kelemahan yaitu dari segi kecepatan transfer dan juga akan merusak port dari hp karena seringnya kabel data tersebut disambungkan ke port hp. Terlepas dari semua hal itu, kebanyakan orang juga merasa ribet untuk membawa kabel data kemana –mana.

Apalagi bagi anda yang maunya simpel dan praktis tentunya cara ini tidak cocok digunakan. Nah, kali ini nyampling.com akan memberikan solusi ampuh kirim data hp android ke laptop secara mudah tanpa menggunakan kabel. Sehingga diharapkan dengan cara ini dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas dan laporan secara lebih efisien yang membutuhkan waktu yang cepat. Yuk, simak ulasannya dibawah ini :

7 Cara kirim File dari HP ke Laptop tanpa Kabel


1. Menggunakan aplikasi Shareit


Aplikasi satu ini merupakan alat transfer tanpa perantara ke sesama Android. Aplikasi aplikasi canggih ini dapat digunakan untuk memindahkan foto, video, aplikasi, berkas, musik dan lain sebagainya dari HP ke komputer atu laptop. Untuk kualitas file tidak perlu diragukan lagi karena file yang dipindahkan tidak dikompress alias sesuai dengan size awal dari file sebelum ditransfer.

Cara kerja aplikasi ini dalam mengirim/transfer file adalah dengan membuat hotspot WiFi khusus yang akan terhubung ke perangkat pengirim dan penerima, sehingga mengirim file pun tak lagi memerlukan kuota internet.

Cara Menggunakan Aplikasi SHAREit


Install aplikasi SHAREit di perangkat elektronik anda Android dan Komputer Anda
Untuk mentransfer file dari Android ke komputer menggunakan SHAREit, buka SHAREit kedua perangkat, yakni di komputer maupun smartphone Android.

Pada SHAREit di smartphone Android, pilih Send. Lalu cari file gambar, dokumen, video, lagu, musik, film, aplikasi, atau games yang hendak kamu kirim. Pilih Send lagi. Nantinya, SHAREit akan mendeteksi sinyal dari SHAREit di PC/laptop. Pilih Connect PC untuk menghubungkan SHAREit di smartphone Android ke SHAREit di komputer. Pilih Go.

Kembali lagi ke SHAREit di Android. Pilih nama PC yang akan menerima file yang akan kamu kirim lewat SHAREit dari Android. Seketika itu, SHAREit di Android akan langsung mengirim/transfer file ke komputer dengan sangat cepat. Tanpa menguras atau menghabiskan kuota internet.

2. Menggunakan Aplikasi AirDroid


Aplikasi AirDroid ini sistem kerjanya hampir sama dengan Aplikasi SHAREit, Anda bisa dimudahkan dalam hal mengirim atau menerima berbagai macam jenis file dan juga ukuran baik yang kecil maupun yang besar dengan cepat.


Kelebihan dari aplikasi satu ini adalah selain transfer file dari hp ke komputer, aplikasi ini bisa mengakses file yang tersimpan di hp android dengan menggunakan komputer sehingga anda bebas untuk menghapus atau menambah file melalui komputer.

Cara Menggunakan Aplikasi AirDroid


Anda harus install AirDroid di perangkat PC/laptop dan smartphone Android, buka aplikasinya dan login dengan akun yang sudah terdaftar. Belum daftar akun? Tinggal buat saja dengan akun media sosial seperti Google+ dan Facebook.

Jika aplikasi AirDroid di komputer dan smartphone Android telah ter-login akun yang sama, maka smartphone Android akan terbaca di AirDroid pada komputer.

kamu bisa mengirim dan menerima file dari Android ke PC/laptop atau sebaliknya. Anda tinggal pilih file atau folder yang akan dipindahkan kemudian pilih tombol Download untuk menerima file diperangkat PC/Laptop


3. Menggunakan layanan Bluetooth

 

Cara ini sudah tidak asing lagi untuk anda, karena sejak mengenal transfer file pertama kali adalah menggunakan Bluetooth. Hampir semua perangkat menggunakan bluetooth bahkan sekarang juga adanya perangkat sound system menggunakan bluetooth baik itu untuk mobil maupun perangkat portabel.


Anda bisa langsung mendengarkan mp3 hanya dengan menyambungkan bluetooth hp android anda dengan bluetooth mp3 player. Cara ini sudah banyak digunakan khususnya pada saat ini, jadi anda tidak perlu lagi menggunakan kabel data sehingga membuat tugas anda semakin praktis.

Kelebihan bluetooth ini adalah selain prosedur penggunaanya mudah, anda hanya perlu menyambungkan dengan bluetooth perangkat lain. Setelah tersambung anda tinggal kirim file atau dokumen lainnya ataupun tinggal langsung play musik jika hp android anda tersambung di perangkat musik player.

4. Menggunakan bantuan layanan Cloud


Cara satu ini juga cukup populer yaitu dengan menggunakan layanan cloud. Apa sih layanan cloud ??? Layanan cloud adalah sebuah layanan untuk menyimpan file atau dokumen berharga lainnya secara online. Anda bisa menyimpan berbagai macam file dokumen yang dianggap penting sebagai back up jika nanti ada masalah pada hp android atau pc yang anda pakai.



Anda tinggal mengupload file yang akan disimpan kemudian jika anda memerlukannya maka tinggal download saja.
Jika anda ingin menyimpan file dokumen diperangkat lain, maka anda tinggal login ke cloudnya kemudian download file diperangkat lain sehingga tidak perlu repot untuk mentransfer file tersebut.
Beberapa layanan cloud ini yang cukup populer adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan FTP



FTP secara garis besar adalah protokol yang diciptakan untuk menyamakan kode-kode komunikasi dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk mentransfer file. Proses transfer file via FTP menggunakan TCP (Transfer Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).



Proses transfer file via FTP memerlukan kerjasama FTP client dan FTP server. FTP client adalah suatu aplikasi yang bisa mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server. Sedangkan FTP sever adalah yang menjalankan perintah-perintah dari FTP client. Nah dalam proses transfer file ini, Anda bisa menggunakan perangkat apapun asalkan memiliki IP.

Cara Menggunakan FTP

Siapkan hp android dan perangkat lainnya seperti pc/laptop.
Dengan menggunakan Android, maka unduh terlebih dahulu File Expert di Google Play Store. Fungsi dari aplikasi File Expert merupakan aplikasi manager yang juga bisa membantu Anda melakukan transfer file via FTP.

Dengan menggunakan perangkat pc/laptop download dan install aplikasi FileZilla, kemudian setelah perangkat pc/laptop telah terinstall software filezilla. Selanjutnya anda cukup beralih ke android anda dengan membuka  File Expert, klik menu=> More=> Settings.

Pada tampilan selanjutnya pilih FTP Settings=> FTP Server Settings. Pada bagian ini, isi FTP User Name dan FTP Password sesuai yang Anda inginkan.

Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan perangkat Android Anda dengan PC. Pada File Expert terbaru, Anda hanya tinggal memilih menu Share My Contents di menu utama. Setelah itu, pilih Start Share via FTP. Jika tidak ada, maka pilih menu utama lalu pilih More. Selanjutnya cari Show Toolbar dan pilih Share.

Untuk selanjutnya, beralihlah ke perangkat PC Anda. Buka FileZilla Anda lalu pilih File. Selanjutnya pilih Site Manager dan New Site. Isi kolom tersebut sesuai dengan data di Android Anda. Host merupakan alamat IP Anda. Pada Logon type, pilih normal lalu isi username dan password sesuai dengan yang telah Anda buat di perangkat Android Anda (isi FTP User Name dan FTP Password).

Jika langkah transfer file di atas sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan keduanya. Klik tombol di bawah menu file pada FileZilla di perangkat PC Anda. Jika sudah terkoneksi, maka Anda akan melihat tampilan file manager Android dan PC Anda.

Langkah terakhir, cari file yang ingin Anda transfer dari PC ke perangkat Android Anda. Setelah menemukannya, drag saja lalu drop di direktori Android yang Anda inginkan.

6 .Transfer File dari Android ke Komputer dengan Pushbullet


Aplikasi satu ini cara kerjanya mirip seperti aplikasi SHAREit dan AirDroid karena mampu mengirim file dari hp android ke PC/laptop ataupun sebaliknya. Aplikasi ini juga mampu menerima notifikasi sms hp android anda di pc/laptop. Anda juga bisa membalas sms dari perangkat PC/laptop kemudian mengirimkannya secara otomatis lewat hp android anda.

Cara ini sangat membantu terutama bagi anda yang kerjanya menggunakan perangkat PC/laptop sehingga tidak susah lagi membuka hp jika ada pesan baru. Auntuk dapat menggunakan aplikasi ini anda tinggal unduh aplikasinya kemudian install dikedua perangkat penerima dan pengirim. Kemudian lakukan pendaftaran dan login dengan akun yang sama pada kedua perangkat. Setelah berhasil login maka anda tinggal pilih tombol icon attachment lalu pilih file yang akan ditransfer

7. Kirim File secara Peer-To-Peer dengan Resilio Sync


Aplikasi satu ini merupakan  aplikasi untuk mengirim file yang menggunakan metode peer-to-peer milik BitTorrent yang berguna untuk mempercepat proses pengiriman file. Aplikasi ini akan membuat cloud atau sebuah room pribadi pada kedua perangkat sehingga bisa saling kirim file.

Dalam penggunaanya anda tinggal mengunduh dan menginstallnya pada kedua perangkat pengirim dan perangkat penerima yaitu pada PC/laptop dan android. Setelah terinstal maka tinggal anda hubungkan kedua perangkat sehingga bisa mentransfer file dokumen.

Demikianlah beberapa tips cara transfer file dari hp ke laptop tanpa menggunakan kabel yang telah nyampling.com rangkum. Silahkan Anda memilih mana yang menurut Anda adalah cara paling bagus dan terbaik untuk bisa membantu secara efisien. Jika ada rekomendasi lain tentang ulasan ini maka jangan ragu untuk tulis dikolom komentar ya. Semoga ulasan ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk anda.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel