5 Tips Mempercepat Blog Saat Diakses Pembaca

5 Tips Mempercepat Blog Saat Diakses Pembaca. Kecepatan akses sebuah blog akan berpengaruh terhadap perkembangan blog itu sendiri. Pembaca akan merasa nyaman ketika hendak membaca artikel-artikel yang ada di blog Anda. Mereka tidak akan terganggu dengan lamanya akses sebuah blog, apalagi bagi mereka yang memiliki internet yang lemot.

https://www.nyampling.com/2019/10/mempercepat-blog-saat-diakses.html

Jika ingin menguji kecepatan sebuah blog, Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia di internet. Beberapa tools bahkan menyediakan laporan peringatan mengenai bagian-bagian yang harus dioptimalkan. Dengan ini Anda bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan itu untuk mempercepat blog Anda.

Tips Optimasi Kecepatan Akses Blog


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat akses sebuah blog. Dibawah ini akan dijelaskan hal-hal tersebut.

1.     Gunakan Theme Premium


Bagi sebagian blogger pemula mungkin akan lebih memilih menggunakan theme gratisan. Hal itu biasanya dilakukan karena kurangnya modal untuk membeli sebuah theme premium. Padahal ada banyak kelebihan jika menerapkan theme premium ke dalam sebuah blog. Salah satunya terkait kecepatan blog itu sendiri.

Developer akan memastikan bahwa theme yang dijual sudah sudah layak untuk di terapkan pada blog. Jadi tak perlu khawatir aka nada masalah yang mengakibatkan kecepatan blog terganggu. Dengan menggunakan theme premium, akan mengurangi resiko terjadinya masalah pada blog yang dikelola. Anda memang harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk melakukan tips yang satu ini.

2.     Pilih Hosting Yang Berkualitas


Hosting memiliki peran penting terkait kecepatan memuat blog Anda. Banyak blogger pemula mengabaikan hal ini tanpa menyadari kualitas hosting berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan blog. Anda bisa menyesuaikan hosting yang digunakan dengan banyaknya pembaca yang setiap hari mengakses blog Anda.

Saat menggunakan shared hosting dirasa kecepatan menurun, Anda bisa meningkatkan hosting menjadi vps atau dedicated server. Lokasi server juga berpengaruh, jadi pastikan server berada di dekat lokasi target pembacanya. Jika blog Anda menargetkan pembaca dari Indonesia, Anda bisa menggunakan server hosting dari Indonesia ataupun Singapura. Jadi perhatikan tips yang satu ini karena memang berpengaruh besar terhadap kecepatan blog Anda.

3.    Hapus Plugin Yang Tidak Diperlukan


Dengan banyaknya plugin yang digunakan, kecepatan blog Anda akan semakin lambat. Ini dikarenakan akan ada banyak bagian yang harus diload oleh perangkat pembaca. Sehingga mereka akan sedikit lama dalam mengakses blog Anda.

Oleh karena itu, coba hapus beberapa plugin yang dirasa tidak perlu untuk dipasang. Cara ini akan mengurangi beban dari server hosting ketika menerima permintaan dari perangkat pembaca. Jika Anda ingin tetap mempertahankan plugin-plugin yang telah terpasang, Anda bisa meningkatkan kapasitas server hosting yang digunakan.

4.    Gunakan Content Delivery Network (CDN)


CDN merupakan jaringan server yang terletak diberbagai negara yang digunakan untuk menyimpan konten dari blog Anda. CDN akan memaksimalkan bandwidth dan mengurangi waktu loading sebuah blog.

Ketika pembaca berasal dari Indonesia, konten yang ada di server CDN yang lokasinya berdekatan dengan Indonesia lah yang akan mengirim konten kepada pembaca. Begitupun jika pembaca berasal dari negara-negara lain. Dengan begini, kecepatan blog akan meningkat secara drastis ketika diakses pembaca.

5.    Optimalkan Gambar Di Blog


Gambar menjadi salah satu penyebab blog menjadi lambat. Sebuah blog memang tak akan pernah lepas dari yang namanya gambar. Jika ukuran gambar yang dimasukkan ke dalam sebuah blog terlalu besar, kecepatan blog saat diakses akan sangat lambat. Solusinya adalah dengan memperkecil atau mengkompres gambar sehingga ukuran menjadi lebih kecil.

Demikian beberapa tips mempercepat blog anda agar lebih responsive saat diakses oleh pengunjung yang telah nyampling.com rangkum. Semoga dapat membantu anda dalam optimasi blog agar menjadi lebih SEO.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hubungi Kami